Interview With DEAD VERTICAL ( Jakarta Timur, Indonesia )


Interview With DEAD VERTICAL ( Jakarta Timur, Indonesia )



Update 13-01-2009 Interview By Herry SIC

Dijawab oleh Boy Bleh - Guitar & Vocal, Bons Dead - Bass & Back Vocal & Arya blood - Drum

Dead Vertical, band yang didirikan pada 22 Nopember 2001 di sebuah kawasan pinggiran Jakarta Timur, dengan formasi awal Iwan-Vocals, Boy Guitars/Backing vocals, Bony-Bass dan Andriano-Drums. Seiring dengan berjalannya waktu maka seperti lazimnya band-band lainnya Dead Vertical telah mengalami beberapa kali pergantian personil, yakni pada pertengahan 2003 Andriano (Drums) mengundurkan diri karena kesibukan kerjanya, kemudian posisinya digantikan oleh Bimo yang bertahan hingga Maret 2004 (setelah rilis album pertama “Fenomena Akhir Zaman”) kemudian ia mengundurkan diri. Selanjutnya posisi Drummer digantikan oleh Arya dari (Formyblood) hingga sekarang. Pada akhir 2005 Iwan (Vocals) mengundurkan diri karena kesibukan kerja dan posisi Vocals digantikan oleh Boy sekaligus tetap memegang posisi Guitars. Dead Vertical mempunyai arti “MATINYA HUBUNGAN VERTIKAL ANTARA TUHAN DENGAN MANUSIA”. Nama ini terinspirasi oleh fenomena kehidupan di era sekarang dimana dunia telah dipenuhi oleh kebencian, kekacauan, pembantaian, dan penyesatan secara global karena banyak manusia yang telah melupakan Tuhannya. Dead Vertical terinfluence oleh band-band seperti Napalm Death, Terrorizer, Slayer, Sepultura, Brutal Truth, Righteous Pigs, Massacre, Nasum, Lock Up, Rotten Sound dan lain-lain. Lirik-lirik yang diteriakkan bertema sosial dan seputar kehidupan sehari-hari yang dikemas dalam bentuk genre Grindcore. Hingga saat ini Dead Vertical telah menghasilkan beberapa karya musik antara lain Split tape dengan band Hardcore Philipina-Human Error (No Label rec 2003), Album Pertama “Fenomena Akhir Zaman” (The Eye Music 2004), Mini Album “Global Madness” (Dead Vertical 2006) dan beberapa kompilasi Death Metal-Hardcore, en tahun 2008 menjadi tahun yang bersinar bagi Dead vertical dengan merilis Rilisan Terbaru " Infecting The World " via Rottrevore Records en beberapa Penampilan Gigz mereka yang Kian Tinggi sehingga mereka mampu merebut Penggemar Tersendiri, sehingga band ini dinobatkan juga menjadi Best Metal Band 2008 /vers.Rolling Stone Indonesia, serta album " Infecting The World " menjadi Salah Satu 20 Album Terbaik Versi Rolling Stone Indonesia !!, sebuah Penghargaan yang ga sia sia band ini tebus dengan Segenap Keringat n Tenaga, so Nikmati langsung Interview Gw yang bakalan mereka jawab beramai ramai ini !! This is 100% GRINDCORE!!



Gimana khabar semuanya yang ada di DEAD VERTICAL saat ini? Adakah yang sibuk dikerjakan?sebagai awal Interview, coba gambarkan Feeling elo semuanya ( masing2 members ) saat pertama kali Mendengar Album Baru-nya :

NAPALM DEATH - Time Waits For No Slave
EXTREME NOISE TERROR - Law of Retaliation
ROTTEN SOUND - Cycles
MISERY INDEX - Traitor
SEPULTURA - A-lex
ato Album Barunya KREATOR - Horde Of Chaos

apakah hampir dipastikan mereka2 itu bakalan mengulang sukses album2 terdahulunya menurut pandangan DEAD VERTICAL
1. Halo Brother!!! Sebelumnya kami ngucapin Salam Kenal untuk semua dari kami Dead Vertical dan terima kasih kepada Lostinchaos yang sudah berkenan menginterview Dead Vertical. Yang sedang sibuk dikerjakan, Kami sedang membuat lagu2 baru untuk album berikutnya.
2. Ok Bro..
Boy :
ROTTEN SOUND - Cycles
=Musikalitas dan sound Bagus, style musiknya tetap ngebut sama seperti album2 sebelumnya Murderworks,
Exit..Tapi sound drum di album Cycles ini lebih menonjol.
MISERY INDEX - Traitor
=Musikalitasnya makin progress, lebih gelap dan intens. Lebih padat musiknya karena lebih banyak lagi full crossing di gitar dengan tempo yang cepat dan grinding drum yang bertubi2 dengan tetap dipadukan groovy yang seimbang. Selain itu pattern vocal di album traitor ini menjadi lebih variatif dengan tetap mengusung style Thrash & Death Metal.
KREATOR - Horde Of Chaos=Musikalitas tidak jauh berbeda dengan album sebelumnya Enemy of God tetap bertempo cepat dan intens.

Arya :
NAPALM DEATH - Time Waits For No Slave :
Kembali ke album Death by manipulation di campur dengan Album Smear Campaign.dengan sound yang benar2 menghajar gendang telinga!
ROTTEN SOUND - Cycles :
Sound yang lebih lebar di album ini serta blasting drum dan Grovy membuat kepala tidak berhenti headbang.Rotten Sound setia di jalurnya,ngebut dan Brutal!
MISERY INDEX - Traitor :
Untuk Album terbaru Misery Index ini secara musikalitas lebih menunjukan kedewasaannya terbukti dengan unsur death metal yg semakin menjadi, Straigth dan variatif.
KREATOR - Horde Of Chaos :
Nuansa yang Agresif, gelap, marah, lebih menonjol di album baru ini.

Bony :
NAPALM DEATH - Time Waits For No Slave
Tua-tua keladi makin tua makin jadi, Godfather GrindCore ini tetap juara dari 1984 smp sekarang dengan memainkan musik GrindCorenya melalui album ini
EXTREME NOISE TERROR - Law of Retaliation
saatnya crusty punk dilupakan sejenak di album ini..saatnya utk totally GrindCore di album Law of Retaliation
ROTTEN SOUND - Cycles
Band GrindCore dengan sound gitar sperti suara lalat ini sekarang
menunjukan European GrindCore masa kini
MISERY INDEX - Traitor
GrindCore campuran Death Metal dan Hard Core di album traitors ini
KREATOR - Horde Of Chaos
karakter musik Kreator yg sangat Thrash Metal di album ini tetap ada tapi dengan kemasan sound
yg modern ga jauh beda dengan album Enemy Of God

Menurut pandangan kami, peluang untuk mengulang kesuksesan seperti album2 mereka terdahulu tetap ada. Kalau menurut kami Misery Index yang paling kami rasa akan mengulang kesuksesan seperti album Retaliate.



For first, Congratulation dengan dirilisnya Full album Perdana “ Infecting the world “ ini, en gimana respon pertama kalinya saat album ini dilepas dalam 1 bulan pertama?
Thanks Brother..tapi sebelumnya sorry sekedar koreksi dari kami, Album Infecting The World adalah album kedua kami (Album perdana kami bertitle Fenomena Akhir Zaman 2004). Respon pertama kali waktu album kedua kami "Infecting The World" dirilis pada bulan pertama Alhamdullilah banyak yang menilai bagus dari segi sounds, musikalitas dan progress.

Apakah DEAD VERTICAL Pribadi juga Pihak label sedang gencar2 nya melakukan promosi “ Infecting the world “ dengan sangat bagus? Apakah menurut elo peranan media cetak masih berfungsi maksimal seperti 5 tahun yang lalu, mengingat hari ini peradaban jaman udah Kerap mengadopsi HI-TECH , sementara dalam segi laennya, kita juga masih memiliki sekitar 30% metalhead yang belum menyentuh peradapan modern ini karena sesuatu hal …
ya, kami sebagai band dan label kami "Rottrevore Records" memang sedang gencar2nya melakukan promo album kedua kami ini dengan baik dan terkoordinasi lewat media dan show2 di berbagai event guna mendukung peningkatan penjualan serta memperkenalkan musik Dead Vertical kepada Khalayak yang lebih luas lagi. Menurut kami peranan media cetak (Local Zine etc) masih tetap berperan penting meskipun posisinya sudah mulai tergeser oleh kecanggihan technology seperti internet atau webzine. Karena faktanya memang masih ada metalhead di tanah air yang belum menggunakan kecanggihan technology seperti media internet secara optimal. Sorry bukan mendeskriditkan mereka, mungkin hanya masalah waktu saja dalam penggunaan media tersebut sehingga media cetak bagi mereka2 ini masih tetap sangat penting dalam mengetahui perkembangan musik.

Ceritain sedikit tentang Proses penggarapan materi “ Infecting the world “ ini, mungkin ada beberapa faktor ato kendala sehingga materi ini bisa terselesaikan dengan sangat baik sehingga mampu menjadi the best masterpiece ..
Proses penggarapan album Infecting The World dimulai dengan rekaman di Studio Bintang 41 Bandung pada pertengahan Desember 2007 yang memakan waktu kurang lebih 3 minggu. Standar aja kita melakukan proses rekaman ini dengan menggunakan metronom untuk pengaturan tempo, Input gitar tetap menggunakan Head cabinet yang ditodong dengan mic lalu masuk ke Mixer begitu juga bass tidak jauh berbeda. Untuk Drum juga dilakukan prosedur rekam standar baru setelah hasil rekaman dasar beres, di maksimalkan lewat proses Mixing& Mastering yakni pada Januari 2008. Kendala ada pastinya, kendala utama adalah fisik. Waktu itu kami kurang istirahat jadi Sang Engineer Kang Toteng juga turut mengatur istirahat kita bertiga selain mengatur waktu Take agar menghasilkan Rekaman yang maksimal.



Menurut elo apakah campur tangan HI-TECH diproses Penciptaan masterpiece terbaik masih menjadi kepuasan yang sempurna? Kenyataannya gw liat, denger n rasakan, beberapa musisi mulai “ gerah “ dengan campur tangan HI-TECH karena masalah “ Manusiawi “ kerap di perbincangkan en lebih menjadikan Dilema serta kebosanan, sehingga langkah Back to Root manual kembali Merindukan untuk Originalitas dalam hal ini ( artinya lebih Merindukan teknik Analog ) ??
Kalau menurut kami kepuasan menggunakan HI Tech untuk menghasilkan masterpice bergantung pada masing2 band puas atau tidaknya.Tapi bagi kami Analog tetap memegang peranan penting meskipun digital recording sudah mewabah di setiap kalangan musisi saat ini. Analog meskipun Oldschool tetap mempunyai ciri khas dan kelebihan seperti menghasilkan musik dan sound lebih original serta berciri khas masing2.

Lirik Lagu2 DEAD VERTICAL juga lebih Total menggunakan Format English , apakah ada Kendala Tersendiri dalam membuat lirik berbahasa Bule sono, so gimana dengan Semangat Nasionalisme sebagai bangsa Indonesia harus dimiliki oleh Seorang Metalhead Juga dong he he he, apakah dengan English Language apa yang menjadi Attitute kalian Mudah tersampaikan atao ada yang lain mungkin ??
Kendala menggunalan bahasa inggris dalam membuat lagu-lagu kami biasanya pada masalah grammar, kalau pattern so far so good aja. haha..nasionalisme???tentunya kami tetap lebih bangga jika menggunakan bahasa Indonesia dalam lirik lagu Metal tapi bagi kami memang tidak semudah menggunakan bahasa inggris.Menggunakan Bahasa Inggris lebih mudah dalam membuat patternya kalau menggunakan Bahasa Indonesia, patternnya agak sulit, harus benar2 pas dan kata2nya diusahakan tidak terdengar Norak atau urakan. Rencananya untuk lagu2 baru kami berikutnya, mungkin akan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia seperti album perdana kami "Fenomena Akhir Zaman" dan Kami sedang mencoba itu.

Tema Kemanusiaan, kematian, Peperangan, Korupsi, penderitaan juga Kehidupan masih menjadi tema wajib elo sebagai Vocalis saat menulis lagu, pernah ga punya sebuah Obsesi untuk membuat lirik yang kontroversial menjadi sebuah “ senjata Ampuh “ pendongkrak Sukses Band juga Album ?
Kontroversial??haha pernah lah pastinya terbesit di otak gue untuk membuat itu, tapi masih belum sanggup tuh buat tema yang kontroversi hahaha..takut masuk bui ntar suram masa depan gue hahahaha

Apakah menurut DEAD VERTICAL seberapa penting peranan sebuah Lirik lagu dalam menghidupkan Image sebuah Band semakin Populer ?? en gimana menurut elo Sebuah Lirik yang bagus buat Musik metal??
Lirik dan style musik sangat berperan dalam membentuk image sebuah band karena ciri khas bisa berasal dari hal tersebut. Kalau semakin populer atau tidak image sebuah band itu bergantung dari masing2 band bagaimana mereka menciptakan suatu karya, perform dan musikalitas serta attitude mereka sendiri tentunya. Menurut gue lirik yang bagus buat musik metal adalah lirik yang mempunyai makna yang kuat yang bisa membuat orang yang mendengarkan menjadi tertarik dan terpengaruh untuk memahami maksud dari lirik tersebut.

kalo cuman sekedar tampil " Ngeri " n " Keren " tanpa Sebuah Misi Gimana ??
Kalau cuma begitu ya berarti belum menghasilkan musik secara maksimal. Visi misi dalam berkarya harus dipunyai oleh musisi agar dia tahu apa tujuan sebenarnya dari lagu2 yang dimainkannya selain untuk menghibur audience.



Kenyataannya khan banyak sekali Kita temuin dalam perkembangannya khan ?? trus Menyikapi Stereotype model begini, mungkin ada kesan Tersendiri aja Buat DEAD VERTICAL tersendiri??
Kesan tersendiri??haha..itu sih hak mereka masing2..lambat laun juga pola pikir mereka akan berubah.

en kalo ditanya band2 mana yang memiliki Lirik2 yang bagus en kebenarannya sanggup dipertanggungjawabkan??
Band2 yang punya lirik bagus dan dapat dipertanggung jawabkan : Terrorizer, Napalm Death, Misery Index, Vader, etc..

Trus apa yang DEAD VERTICAL Tulis sebenenarnya dalam lagu " Religion against religion " apakah ini seperti sebuah perang Etnis antara Umat Beragama, Misi Politik namun bertopeng-kan agama, seperti itu kah ??
Dalam lagu R.A.R yang kami gambarkan lewat lirik tersebut adalah Pertikaian antar umat beragama di dunia yang masing merasa adalah paling benar sehingga saling menjatuhkan.

apakah hampir dipastikan konsep Musik DEAD VERTICAL akan tetep tampil ngebut , Berat, Chaotic, experimental ato Justru makin berubah nantinya??
Tentunya tempo cepat, padat, intesns, Brutal tetap setia kami pertahankan bro karena itu semua merupakan style musik kami. Yang jelas kami tetap ingin progress dalam menghasilkan lagu2 kami berikutnya.

Koq album ini ga ditangani lagi oleh THE EYE Records? seperti pada Rilisan DEAD VERTICAL sebelumnya " Fenomena Akhir Jaman " ?
wah, The Eye nya udah bangkrut bro, ownernya always drunk every time heheheh Becanda. Iya Record The Eye sudah Non aktif sejak beberapa tahun silam dan boss nya banyak kesibukan lainnya yang memaksa untuk tidak melanjutkan lagi The Eye untuk eksis.

Tolong sebutin 10 Album Terbaik sepanjang masa Untuk all member DEAD VERTICAL sekarang!
TERRORIZER - World Downfall
NAPALM DEATH - Utopia Banished
SLAYER - Reign in Blood
MISERY INDEX - Retaliate
SEPULTURA - Beneath The Remains
CANNIBAL CORPSE - Kill
MALEVOLENT CREATION - The Will To Kill
SUFFOCATION - Effigy Of The Forgotten
NASUM - Shift
ROTTEN SOUND - Exit

gimana menurut elo tentang perkembangan musik metal saat ini jika dibandingkan dengan 5-7 tahun yang lalu, apakah saat ini atau 5 tahun yang akan datang bakalan menyamai rekor-nya? apalagi scene metal ditanah air kita mulai ramai diisi oleh aksi individualisme juga Kompetisi ga sehat antar Individu sehingga membuat semacam Komunitas yang terpecah pecah dalam satu daerah, apakah hal ini juga pernah elo liat sebelum en sesudahnya??
Kalo menurut kami yang jelas perkembangan musik metal tanah air saat ini sangat lebih maju, terbuka, dan lebih diterima di bandingkan 5-7 tahun yg lalu dan perkembangan musik metal yg akan mendatang akan semakin lebih kompleks seiiring dengan perkembangan teknologi.Pernah kita liat keadaan yang ga bagus dimana perpecahan terjadi dalam komunitas metal jadi realnya komunitas antar kota/region itu saling memisahkan diri kalau ada event metal lokal sehingga ada gap2an dalam komunitas metal itu sendiri secara umum.



Apakah Makna " Support Your Local Underground " dalam Pandangan Pessimis elo di masalah ini?
Maknanya, maksudnya kita sangat mendukung hasil karya2 band lokal dengan membeli produk/merchand mereka.

gimana pandangan menurut elo beberapa Merchandise, khusus-nya T-shirt dari Luar negeri sono yang kena Bootleg pihak2 tertentu yang mencari Untuk tanpa memberi Royalty bagi band ?? coz fenomena seperti ini kayaknya masih terus terjadi, apakah pemburu2 Stuff Import masih banyak Boss ??
Kalau masalah itu biar bagaimanapun tetap melanggar hak cipta karya orang lain.. tapi gini bro, daya beli di Indonesia kan lebih rendah daripada negara2 di luar sana pada umumnya, jadi mau ga mau fenomena ini pasti dan akan terus terjadi. Jadi kita harus ngelihat dari berbagai faktor apa yang menyebabkan fenomena tersebut muncul ga bisa dilihat dari segi hukum aja tapi segi sosial harus diperhatikan juga. Pemburu Stuff impor masih banyak tentunya bro, mereka mash lebih bangga menggunakan kaos impor daripada local..tapi itu hak mereka. Tapi band bule kalau di Bootleg gitu atau dibajak gue rasa ga kan jatuh miskin kok hahahahaha..ups, bukan berarti gue memprovo kasi orang2 untuk membajak ya..hehehe..gue pribadi sangat tidak setuju kalau yang menjadi korban pembajakan adalah band lokal, lebih2 band kami..Support Your Local Underground Bands!

selain kini ada Banyak Media Promosi Gratis dunia maya kayak Myspace, Pure Volume, Friendster, facebook selain sedikit banyak ngasih Kontribusi bagus dalam al Promosi, Kini juga marak dibeberapa Blog yang Meyediakan layanan Download Hingga Full album2 Terbaru, cara pandang elo menurut ini Gimana ?? apakah ini juga sebuah bentuk Bootleging baru ?? legal ato Ilegal menurut pandangan DEAD VERTICAL ?
Legal atau ga legal tetap aja Blog2 macam gitu yang menyediakan download full album akan memicu terjadinya pembajakan..Hecker jaman sekarang makin canggih Bro dari hari ke hari. Jadi menurut kami kecanggihan teknologi selalu ada sisi buruknya, kami masih lebih suka cara manual dalam penjualan album, dengan cara gitu aja masih bisa dibajak..hwahaha

en kalo ini pertanyaan Konyol yang Juga perlu dijawab Boss, seandainya DEAD VERTICAL diajak jam session dipanggung Oleh MISERY INDEX ato NASUM, apakah kalian lebih memilih memainkan lagunya DEAD VERTICAL sendiri ato Lagu populer 2 band itu Boss He he he he ato kalian Punya keinginan yang laen lagi ?? gimana kalo bawain " Dead Shall Rise ' en nyanyi Jason Netherton Misery Index en kalian Jadi band pengiringnya Gimana he he he he
hahahaha...Khayalan tingkat tinggi nih kalau kata Ariel Peter Pan..hahaha..Seandainya itu
terjadi, kita pastinya akan memainkan lagu2 populer mereka tapi komposisinya tetap aja
lagu2 kami sendiri yang lebih banyak kami mainkan, Kami lebih bangga memainkan hasil karya sendiri bro..Perjuangan menghasilkan karya kami udah mengorbankan banyak hal.Keinginan yang lain lagi??apa ya??Kita pengen Mabuk2an bersama semua personil Nasum (Kecuali Miezko T ya.. udah r.i.p) dan Misery Index sampai Celeng semua!!haha..Dead Shall Rise yang nyanyi Jason Netherton (Misery Index) terus Dead vertical yang mengiringi????waduh...Mau banget!!!tapi Jason nya mau ga????hahahaha...Berkhayal terus neh..lama2 bisa Gila Bro hehe..( namanya Juga Permintaan dalam Impian Boss, siapa tau aja ada Wali lewat en mengabulkannya, Hayoooo Hwa ha ha ha .ed )

gw pengen tau ( Juga ) para Metalhead laennya, tentang kesibukan Personil DEAD VERTICAL saat ini selain bermain musik?? Apakah menurut kalian Music death metal bisa dijadikan salah satu sumber pemasukan finansial hidup selain bekerja ?
Kesibukan kami di luar band seperti Design Graphic, Nyari kerja pastinya,Internet, Pacaran
nongkrong, Mabuk hehe..Musik metal kalau di Indonesia belum bisa dijadikan pemasukan hidup dan itu udah banyak terbukti bukan???Segi finasial musik metal bagi para band2nya seperti Fee Manggung, Royalti atau Merchandise jumlahnya masih kecil dan tidak sebanding dengan pengeluaran bandnya..mungkin 10 atau 15 tahun ke depan baru bisa dijadikan pemasukan hidup .. Amin..Bekerja tetap utama Bro.

Rencana kedepan Buat DEAD VERTICAL nich?
Pengen buat album ketiga yang lebih baik lagi dari album2 kami sebelumnya..dan berharap musik kami bisa lebih diterima lagi Audience dari berbagai macam genre.

Kata kata terakhir en pesen khusus buat DEAD VERTICAL and LOST IN CHAOS Mediazine reader sebagai Basa basi penutup Interview ini ?? and makasih banyak buat interview-nya yang serba bergaya Investigasi juga menghakimi sendiri he he he he
Buat Lostinchaos Media Zine Reader supaya tetap eksis dan semoga sukses dalam membantu promo2 band local..Dukungan loe sebagai media sangat berarti dalam perkembangan Musik dan Scene khususnya Metal di Indonesia Ok??!!! Buat semua..Tetap eksis dan terus berkarya dengan maksimal..Dont Give Up and Still Metal
till Die!!!!!Argghhhhhhhhhh!!!!C.u on the next gigs in Hell haha..




Discografy

Fenomena Akhir Zaman - The Eye Recs.2004
Global Madnes 'Ep. - Self Release.2006
Infecting The World - Rottrevore Recs.2008

0 Response to Interview With DEAD VERTICAL ( Jakarta Timur, Indonesia )

Posting Komentar