Interview With PLASMOPTYSIS ( Bandung, Indonesia )


Interview With PLASMOPTYSIS ( Bandung, Indonesia )



Update 24-12-2008 Interview By Herry SIC

The story started on November 2006 when Dedy Kresna(vox/guitar) and R. Endry “Saenk” Noerdradjat(guitar) who has just left their old band Sekaratul Maut and Sandro Dwiputra Armanda(bass) who also has left his old band has a brilliant idea for making a sick music which could bring disgust into the mosh pit and makes billions of heads banging in the air. After a few days of conversations, they found their first drummer, Sandi. But because of some little problems Sandi replaced by Andri Kemod(drums), and the band practicing was begun since that. Day by day thinking of what name should be used for us, and we decided Mannequin as our first name. After some shows, Dedy wants to focus himself at guitar. So we start looking for vocalist who has the same vision. On March 2007 Argha Riyan(vox) who was still Saenk’s cousin fill the vocal position. On August 2007 Andri Kemod resign from the bands due to his educational life, and his position replaced by Rahadian Mufti. But on December 2007, because of his instability condition Rahadian Mufti resign from the formation. And once again we lost our drummer… The sickness will find the ways… January 2008, finally we’ve found an innocent boy named Dawan Saputra(drums) who has brilliant skill and sense of brutality, we called him ‘the golden boy’. He could bring the music over the motherfuckin’ edge, and got some sickness seeds on his veins. Well, with this solid formation Argha(vox), Dedy(guitar), Saenk(guitar), Sandro(bass), and Dawan(drums) we have released our first demo album called ‘Promo 2008’. We did lots of shows and joined some local compilations. On October 2008, because of some problems we decided to change our name to PLASMOPTYSIS, and with this twice powerful, twice disgust, and twice brutal new name we are ready to destroy the hell pit into dust and bring the sickest air to this dirty atmosphere. Now we are still keep writing our materials, and still looking for labels which interested to release our 1st album.



Interview answering By Argha, Sandro, Dedy, Saenk, Dawan

Hello Bro, apa kabarnya anak2 PLASMOPTYSIS ??
Plasmoptysis: halo Lost in Chaos! Kita baik2 aja nih seperti biasa!!hahaha

sebagai Pembuka Interview, coba gambarkan Feeling elo semuanya ( masing2 members ) saat pertama kali Mendengar Album Baru-nya :
BLEEDING CORPSE - Resurrection Of Murder
DEEDS OF FLESH - Of What's to Come
ORIGIN - Antithesis
ato Album Barunya KREATOR - Horde Of Chaos
apakah hampir dipastikan mereka2 itu bakalan mengulang sukses album2 terdahulunya menurut pandangan PLASMOPTYSIS
Argha: buat BC, album Resurrectionnya keren banget menggetarkan Bandung! Deeds of flesh! You rules!
Sandro: Bleeding Corpse wah gila ngebut bgt sampe jantung menggebu2 tiap ngedengerinnya! Keren! Kalo Deeds of flesh keren sih cmn kalo gue lebih suka sama album2 sebelumnya kyk Reduced into ashes dan Crown of souls. Kreator jg tambah keren dengan album ke-12 nya. Keren keren lah pokonya!
Dedy: satu kata ‘SICK’!!! favorit gue Antithesisnya ORIGIN!! Fuck yeah!!haha
Saenk: tahun 2008 parah banget nih kyknya semua band-band sakit pada ngeluarin album! Keren semua pokonya!
Dawan: keren keren! Favorit gue Origin sama Deeds of flesh!

Ngomongin tentang Perkembangan Music Death metal yang Brutal, kayaknya scene Bandung, gimana Pertumbuhan Musik Jenis Musik Death Metal menghadapi arus Deras Musik Mainstream Metal yang udah mulai Merasuki penggemar kalangan Non Metalhead??
Sandro: hmm perkembangan musik death metal mungkin sekarang udah banyak perkembangan kali ya mungkin karena bantuan teknologi juga yang semakin canggih, jadi semua orang dari penjuru dunia juga bisa menikmatinya.



Ceritain Dikit juga Motivasi dibentuknya penjagal2 Metal ditubuh PLASMOPTYSIS, sebuah pertanyaan yang membosankan, lumayan Buat lebih mengenal PLASMOPTYSIS Semata sebagai New Comer Death metal sehingga kalian semua juga tertarik menggunakan nama PLASMOPTYSIS, Menurut kalian apa itu arti kata PLASMOPTYSIS ??
Sandro: hmm oke singkatnya Plasmoptysis dibentuk tahun 2006 di Bandung awalnya ide dari Dedy yang mengajak Sandro dan Saenk buat band band an, awalnya namanya bukan Plasmoptysis, tapi Mannequin. Setelah berkali-kali gonta ganti personil akhirnya kita nemuin formasi yg udah solid banget. Yaitu formasi yang sekarang ini nih, dan pada bulan Maret 2008 kita rekaman buat yang album Promo 2008 itu, terus pas sekitar bulan Oktober 2008 kemaren karena beberapa sebab akhirnya kita ganti nama jadi Plasmoptysis. Kalo masalah nama sih si Saenk yang ngerti!hahaha
Saenk: Waduh! Hmm kalo buat nama sih awalnya kita rundingin mau nama yang kyk gimana, terus nyari2 bahan di buku2 dan internet. Dan akhirnya setelah beberapa kali penyaringan akhirnya nyangkutnya di Plasmoptysis. Kalo artinya apa ya?

ditanya konsep musik yang kalian mainkan, its Keep Brutal Death metal adopsi perpaduan style -nya Disgorge, Devourment , Brodequin, Incestuous juga Condemned, en gw juga ngerasa ada sentuhan Indonesian Death metal-nya yang khas, bisa kasih definisi Komplit tentang yang satu ini??
Sandro: hmmm iya ya?haha Tanya bang dedy deh kalo soal begituan!
Saenk : Yoi!
Dedy : Kalo buat konsep lagu sih kita lebih ngambil dari Deeds of Flesh, Disgorge, dan Hour of Penance, ya mungkin ditambah dengan karakter death metal kita sendiri yang bersifat Indonesia juga kali ya? Makanya jadi ada sentuhan Indonesia.haha

apakah hampir dipastikan konsep Musik PLASMOPTYSIS akan tetep tampil ngebut ato Justru main berubah nantinya??
Dedy: kalo konsep sih untuk sementara kayaknya bakal gitu dulu, ya kita maen seadanya aja disesuaikan dengan materi yang ada.hehe

Untuk promo 2008, apakah PLASMOPTYSIS udah merasa maksimal serta Puas dengan Ending-nya begitu dipublikasikan ke kancah metal? ngomong2 dimana PLASMOPTYSIS merekamnya??
Sandro: wah jujur sih kalo buat sekarang sih kita belom puas, ya karena manusia tidak pernah ada puas puasnya kan.hahaha buat recording kemaren kita percayain buat recording di Funhouse Recording di Bandung, soalnya selain bagus dari segi kualitas, orang-orang di dalemnya juga masih teman-teman kita juga.hehe

apakah Ada kepuasan tersendiri memainkan Konsep Musik yang super Hingar Bingar ini, mengingat anak2 metal ngeband saat ini juga memiliki Tujuan2 lain, kayak dapetin fans cewek, Superstar he he he, en apakah ini adalah sebuah pilihan yang tepat untuk kalian mainkan sampai Bosan ato just mengalir dengan Booming Death metal aja??
Sandro: Wah justru puas sekali nih soalnya cocok aja kyknya musik kyk gini buat kita. Kalo tujuan2 lain, hmm kalo dapet cewe sih siapa yg gamau!hahah kita bakal maenin musik kayak gini mungkin sampe kakek kakek kali ya! XD

en gimana kalo ditanya tentang Metode Proses penciptaan lagu, apakah harus ada Penyempurnaan sebelum dimainkan diatas Panggung ato harus dimainkan dulu baru diadakan Evaluasi tersendiri atas kekurangan2 yang ada??
Dedy: hmm kalo buat penciptaan lagu sih, biasanya kita ngerekam sendiri dulu pattern gitar buat lagu yang baru di komputer. Terus didengerin ke tiap personil, kalo setuju ya langsung dicoba, tp kalo ada yang kurang ya dirobah lagi dikit-dikit. Gitu doang sih!hehe

tentang rencana pembuatan album Full apakah juga menjadi Motivasi utama buat terus eksis, kapan mulai dilakukan mengingat saat ini pasti PLASMOPTYSIS udah memiliki Amunisi yang siap dilepaskan dari senjata-nya.
Sandro: rencananya kita bakal mulai recording buat full-length album sekitar bulan Januari 2009, materi juga sekarang lagi sibuk-sibuknya di rombak sana sini buat persiapan bulan Januari nanti.



Pilihan Indiependent rilis ato diserahkan ke salah satu label ??
Sandro: kebetulan rencananya full-length album kita bakal dirilis oleh salah satu label metal tertua di Indonesia yaitu Extreme Souls Production!

Apakah ada Hal2 yang Unik saat Pertama Kali mengenalkan nama PLASMOPTYSIS di beberapa Gigz Venue? mengingat nama PLASMOPTYSIS juga udah banyak dipake oleh beberapa band luar negeri sono
Sandro: hah? Emang udah ada yang make ya? Perasaan ga ada kyknya hahaha. Ga ada sih paling kesulitan para MC aja buat nyebutin nama kita. Duh…

Yang Menyedihkan Mungkin saat performance di Gigz??
Sandro: Yang menyedihkan itu pas maen di acara Agustusan RT tahun 2006 gitu ya? Pokonya yang nontonya ibu-ibu sama anak-anak semuanya tutup kuping!! Parah!!
Dedy: ahahahha iya bener itu parah banget tuh!
Saenk: hahaha yoi ded!!

Harapan juga Obsesi Heboh yang belum Terealisasi saat tampil gigz??
Sandro: hmm harapan dan obsesi ya… pengen ada cewe yang naek ke atas panggung terus nyiumin personilnya gitu kayak band-band yang ada di TV.haha
Dedy & Saenk: ada penari latar cewe-cewe seksi!hahahaha

Melihat sedikit ( Mungkin ) beberapa Image PLASMOPTYSIS, kalo lirik kalian masih pasti menceritakan tentang kekejaman, Kematian serta Pembunuhan yang Pokoknya ga jauh banget dari Amis Bau Darah serta Kematian, apakah ini juga menjadi Konsep dasar dibentuknya PLASMOPTYSIS ??
Dedy : kalo buat lirik dan konsep lagu sih, kita ngambilnya banyaknya dari kehidupan sehari-hari ga harus tentang kematian, pembunuhan ,dan darah juga sih. Yang penting enak aja bawainnya.

Apakah menurut PLASMOPTYSIS seberapa penting peranan sebuah Lirik lagu dalam menghidupkan Image sebuah Band semakin Populer ?? en gimana menurut elo Sebuah Lirik yang bagus buat Musik metal??
Sandro: kalo menurut gue sih, lirik dan lagu itu satu paket ya jadi dua duanya penting dalam menghidupkan image sebuah band. Kalo menurut gue sih lirik yang bagus buat musik metal ya lirik yang seadanya tapi disesuaikan juga dengan karakter musik kita apa dan bukan lirik yang isinya putus cinta lagi , galau lagi, dan lain lain.hahaha

kalo cuman sekedar tampil " Ngeri " n " Keren " tanpa Sebuah Misi Gimana ??
Sandro: hmmm wah kalo gitu sih ibaratnya kita berjalan tanpa tujuan dong!haha

Kenyataannya khan banyak sekali Kita temuin dalam perkembangannya khan ?? trus Menyikapi Stereotype model begini, mungkin ada kesan Tersendiri aja Buat PLASMOPTYSIS tersendiri??
Sandro: hmm ya mungkin buat orang-orang yang seperti itu ya mudah-mudahan bisa lebih memahami musik itu dimainkan bukan buat gaya saja tapi juga buat dijadikan bagian dari hidup kita sebagai curahan ekspresi kita.hahaha gitu kali ya?haha

en kalo ditanya band2 mana yang memiliki Lirik2 yang bagus en kebenarannya sanggup dipertanggungjawabkan??
Sandro: band yang liriknya bagus dan kebenarannya sanggup dipertanggungjawabkan yah? Aduh apa yah? Chrisye kali ya sama Doel Sumbang.hahaha

Tentang Perkembangan Musik Death metal diindonesia menurut kalian gimana untuk masa sekarang?? apakah bisa kembali Booming seperti 5 tahun yang lalu ato tambah Lesu aja??
Sandro: wah kyknya tahun-tahun sekarang ini justru menurut kita sih justru tahunnya kembalinya death metal kali ya! Soalnya band-band death metal juga semakin banyak dan bahaya bahaya semua! Parah!



selain kini ada Banyak Media Promosi Gratis dunia maya kayak Myspace, Pure Volume, Friendster, selain sedikit banyak ngasih Kontribusi bagus dalam hal Promosi, Kini juga marak dibeberapa Blog yang Meyediakan layanan Download Hingga Full album2 Terbaru, cara pandang elo menurut ini Gimana ?? apakah ini juga sebuah bentuk Bootleging baru ??
Sandro: Wah menurut kita sih dunia maya sangat membantu sekali ya baik buat promosi dan distribusi dan lain lain. Apalagi buat blog-blog yang nyediain donlot full album, ngebantu banget dah pokonya!

Kasih Rekom juga buat Band2 Death metal new Comer yang PLASMOPTYSIS anggap berbahaya dimasa mendatang nich??
Sandro: Hellbeyond sama Dazecortica nih kayaknya yang bakal bahaya!

Kegiatan sehari2 PLASMOPTYSIS selain nge-band apa aja? en menurut PLASMOPTYSIS, apakah Dunia musik death metal Masih bisa dijadikan salah satu mata pencaharian Utama dalam Hidup??
Sandro: waduh kalo ngomongin masalah mata pencaharian dari musik apalagi death metal mungkin masih terlalu jauh kali ya buat bisa kyk gitu. Belom kepikiran aja sampe sana, dan kyknya buat di Indonesia masih belom mungkin. Kegiatan kita sehari-hari juga biasa aja ko paling ada yang kerja dan ada yang kuliah ada juga yang masih sekolah.haha XD

Rencana kedepan PLASMOPTYSIS yang harus terwujud dalam waktu dekat ini??
Sandro: full-length album harus kekejar! Harus beres pokonya! Yeah!

Kata kata terakhir PLASMOPTYSIS untuk menutup Interview Kampungan ini Boss?? en makasih banyak sekali buat waktunya menjawab pertanyaan2 Konyol ini he he he
SUPPORT THE MUSICKNESS !!!
Sandro: terimakasih banyak buat Lost In Chaos Mediazine buat menyempatkan waktu menginterview band ingusan kayak kita ini! Dukung terus musik-musik kayak gini!! KEEP IT SICK!! ..m/

PLASMOPTYSIS Contact
Sandro D. Armanda
Komp. RS TNI AU no. A-12 Jl. Ciumbuleuit, Bandung 40142
West Java - Indonesia

E-mail:
sandrothetorturer@yahoo.com s

Mobile:
Bob (+62857 220 48203)
Sandro (+62856 248 69449 / +6222 93410479)

0 Response to Interview With PLASMOPTYSIS ( Bandung, Indonesia )

Posting Komentar