Interview With OPIUM ( Bandung )


Interview With OPIUM ( Bandung )



Update 15-12-2008 Interview By Herry SIC
Dijawab oleh Arief ( Drums )

OPIUM Terbentuk pada tahun 2007 sekitar bulan februari dimana Arief(drum), Tony(guitar) Yorghi(bass), dan Fajar(vocal).Sebenarnya band OPIUM adalah band proyek dari Arief “FINGER OF DEATH”, Tony “DOWN SYNDROM”, Yorghi “INCORUPT”, dan Fajar “FINGER OF DEATH”. Tetapi seiring waktu kita selalu bertemu di sebuah studio tepatnya di margahayu studio NEUROTIC,lalu kami tidak sengaja mengobrol tentang musik,dan saat kita asik berbincang ada group band yang akan latihan DOWN SYNDROM. Dan kebetulan gitar DOWN SYNDROME teman smp kami,lalu berjalan waktu kita iseng membuat band proyek dengan genre DEATH METAL. Singkat cerita Yorghi mengundurkan diri karena sedang banyak masalah,dan selang waktu kami bertemu teman bernama Chandra,Chandra melihat OPIUM latihan tanpa pemain bass,lalu dia ingin mencoba mengisi bass di OPIUM. Chandra sangat semangat dan sangat antusias mengisi kekosongan pemain bass di OPIUM,dia cepat paham dengan konsep lagu OPIUM,seling waktu kita sepakat untuk memakai Chandra sebagai pemain bass OPIUM. Lalu sekarang personal OPIUM sudah lengkap yang berisi Fajar(Vocal), Tony(Guitar), Chandra(Bass), dan Arif(Drum),kami juga ter inspirasi band lokal seperti JASAD,BLEEDING CORPSE,DISINFECTED,dll. Dan sekarang OPIUM sudah menjadi band tetap kami karena band dulu kami sudah bubar di karenakan personal yang lain sibuk dengan kepentinganya.

Hello Bro, apa kabarnya anak2 OPIUM ??
ya selalu baik alhamdullilah...

sebagai Pembuka Interview, coba gambarkan Feeling elo semuanya ( masing2 members ) saat pertama kali Mendengar Album Baru-nya :

BLEEDING CORPSE - Resurrection Of Murder
DEEDS OF FLESH - Of What's to Come
ORIGIN - Antithesis
MISERY INDEX - Traitor
NILE - Sylphilake
ato Album Barunya KREATOR - Horde Of Chaos

apakah hampir dipastikan mereka2 itu bakalan mengulang sukses album2 terdahulunya menurut pandangan OPIUM
ya kalo kata saya sendiri (arif) band ini bakal bner" sukses masalahnya
masa di bandung juga sudah cukup memungkinkan dan pasti band" ini bakal terus
mengulang suksesnya.

Ngomongin tentang Perkembangan Music Death metal yang Brutal, kayaknya scene Bandung, gimana Pertumbuhan Musik Jenis Musik Death Metal menghadapi arus Deras Musik Mainstream Metal yang udah mulai Merasuki penggemar kalangan Non Metalhead??
kita lihat di bandung perkembangan musik death metal ato juga metal udah lumayan hampir 80% lah. tapi kebanyakan mereka condong ama genre death metal ya munkin menurut mereka death metal menantang kali.. hehehehe....

Ceritain Dikit juga Motivasi dibentuknya penjagal2 Metal ditubuh OPIUM, sebuah pertanyaan yang membosankan, lumayan Buat lebih mengenal OPIUM Semata sebagai New Comer Death metal sehingga kalian semua juga tertarik menggunakan nama OPIUM, Menurut kalian apa itu arti kata OPIUM ??
ya bisa di bilang kita band baru mmmm motivasi kita (OPIUM) ya mungkin bisa menambah komunitas bandung death metal dan bisa ngeramein lagi musik underground
di bandung kita tertarik sama nama OPIUM ya gag neko" simpel. arti dari OPIUM itu sendiri seh pecandu ato obat"an.. tapi kita semua gag nyandu loh.. hahahaha....

ditanya konsep musik yang kalian mainkan, its Keep Brutal Death metal adopsi perpaduan style -nya Dying Fetus, Pyaemia, Disavowed, Disgorge juga Condemned, en gw juga ngerasa ada sentuhan Indonesian Death metal-nya yang khas ala Jasad juga Bleeding Corspse, bisa kasih definisi Komplit tentang yang satu ini??
yupz memang kita ambil konsep lagu dari luar kaya DISGORGE,DISAVOWED,DLL. tapi kita juga memang suka banget ma lagu JASAD,BLEEDING CORPSE jadi kita ambil dikit konsep"nya gag mirip banget seh...ya biar keliatan jenis musiknya goyang..

apakah hampir dipastikan konsep Musik OPIUM akan tetep tampil ngebut ato Justru main berubah nantinya??
kalo masalah itu tar aja liat masalahnya kita lagi cocok sama konsep ini ya mungkin kalo ada kesempatan kita mau nyoba ada tehnicalnya..



Untuk promo lagu, apakah OPIUM udah merasa maksimal serta Puas dengan Ending-nya begitu dipublikasikan ke kancah metal? ngomong2 dimana OPIUM merekamnya??
ya alhamdullilah kita udah cukup puas sama promo lagu kita. kita tracknya di FUNHOUSE studio recording.

Tentang lagu " Propaganda Religion " lagu ini spesifik membidik masalah apaan?? en kalo " Bingkai Mayat Membusuk " apakah cuman menjadi titel Gahar aja tanpa arti ??
kalo masalah lagu PROPAGANDA RELIGION kita sih ambil inspirasinya dari ya kaya orang" sekeliling kita dia punya agama tapi gag tau cara jaga nama baik agama itu sendiri orang" sering buat zinah lah contohnya jadi buat apa kita punya agama kalo kita kaya gtu.. kalo lagu BINGKAI MAYAT MEMBUSUK ya kita iseng aja buat lagu itu gag ada seh pandangan" ya atau inspirasi apapun ya jadi kita iseng aja buat lagu itu

apakah Ada kepuasan tersendiri memainkan Konsep Musik yang super Hingar Bingar ini, mengingat anak2 metal ngeband saat ini juga memiliki Tujuan2 lain, kayak dapetin fans cewek, Superstar he he he, en apakah ini adalah sebuah pilihan yang tepat untuk kalian mainkan sampai Bosan ato just mengalir dengan Booming Death metal aja??
ya buat kita sih itu kesenangan tersendiri sambil nyalurin hobbi kita tapi gag kok kita gag sambil cari cw atau apa... ya sukur" kita (OPIUM) ada yang suka,kita ngalir aja sih masalahnya memang kita suka musik kaya gini cadas bro... hehehe..

en gimana kalo ditanya tentang Metode Proses penciptaan lagu, apakah harus ada Penyempurnaan sebelum dimainkan diatas Panggung ato harus dimainkan dulu baru diadakan Evaluasi tersendiri atas kekurangan2 yang ada??
biasanya kita brifing dlu sebelum maenin lagu jadi pas kita hafal lagunya kita bisa main maksimal

tentang rencana pembuatan album Full apakah juga menjadi Motivasi utama buat terus eksis, kapan mulai dilakukan mengingat saat ini pasti OPIUM udah memiliki Amunisi yang siap dilepaskan dari senjata-nya.
memang kita rencana buat album pertama kira" tahun 2009. tapi ya kita liat aja masalahnya dana kita juga belum mencukupi.

Pilihan Indiependent rilis ato diserahkan ke salah satu label ??
kita seh pinginya di kasih ke salah satu label

Apakah ada Hal2 yang Unik saat Pertama Kali mengenalkan nama OPIUM di beberapa Gigz Venue? mengingat nama OPIUM juga udah banyak dipake oleh beberapa band luar negeri sono
ya pengalaman kita seh banyak banget saking kita grogi waktu pertama main konsep kita jadi rubah. jadi gak pada konsentrasi ma lagu.. hahahaha... kalo masalah nama OPIUM di pake ma band luar.. kita gak tau seh yang penting kita udah srek ma nama OPIUM.

Yang Menyedihkan Mungkin saat performance di Gigz??
ya waktu main kita kebagian trakhir jadi penonton dah sepi. terus kita pernah main di bandung death fest 3 pertama jadi tumbal deh. sedikit yang nontonnya.. ya banyak lah dukanya.. heheu...

Harapan juga Obsesi Heboh yang belum Terealisasi saat tampil gigz??
tampil semaksimal mungkin paling.

Melihat sedikit ( Mungkin ) beberapa Image OPIUM, kalo lirik kalian masih pasti menceritakan tentang kekejaman, Kematian serta Pembunuhan yang Pokoknya ga jauh banget dari Amis Bau Darah serta Kematian, apakah ini juga menjadi Konsep dasar dibentuknya OPIUM ??
bisa di bilang begitu tapi lirik lagu kita gak semua nyeritain tentang bau amis darah kita juga ada sih yang lagunya sunda dan nyeritain masalh pribadi kita,kita inspirasiin ma lirik lagu kita.

Apakah menurut OPIUM seberapa penting peranan sebuah Lirik lagu dalam menghidupkan Image sebuah Band semakin Populer ?? en gimana menurut elo Sebuah Lirik yang bagus buat Musik metal??
penting banget sih masalahnya band metal ada ciri khasnya ya salah satunya kaya lirik lagu. gag semua harus yang pembubuhan,penyiksaan kita juga bisa nyeritain kejadian sekeliling kita buat di jadiin teks lagu.

kalo cuman sekedar tampil " Ngeri " n " Keren " tanpa Sebuah Misi Gimana ??
ya gak puas banget lah kata kita mah.. hehehe..

Kenyataannya khan banyak sekali Kita temuin dalam perkembangannya khan ?? trus Menyikapi Stereotype model begini, mungkin ada kesan Tersendiri aja Buat OPIUM tersendiri??
ya kalo masalah itu kurang tau juga yah.. masalah nya kita juga gak tau kira" band apa yang kaya gtu.. ya kalo kita sendiri seh bisa" aja..

en kalo ditanya band2 mana yang memiliki Lirik2 yang bagus en kebenarannya sanggup dipertanggungjawabkan??
menurut pandangan kita pasti booming lagi.. kita liat sih dah banyak banget band" baru yang gak kalah cadas. ya mungkin pasti booming lagi..

Tentang Perkembangan Musik Death metal diindonesia menurut kalian gimana untuk masa sekarang?? apakah bisa kembali Booming seperti 5 tahun yang lalu ato tambah Lesu aja??
ok kalo pandangan kita sama pendengaran kita ada di bandung band yang kira" mantel pal.. salah satunya digging up band ini band lama tapi gila konsepnya kita semua suka. terus eden collapse juga mantep konsepnya.. kata kita band" ini pasti sukses buat ke depannya

Kasih Rekom juga buat Band2 Death metal new Comer yang OPIUM anggap berbahaya dimasa mendatang nich??
ya biasa kita kadang nongkrong sama anak".. bisa aja kita contoh JASAD band ini kata kita sendiri dah sukses banget lah..

Rencana kedepan OPIUM yang harus terwujud dalam waktu dekat ini??
bikin 1st album doain aja ok.. hehehe..

Kata kata terakhir OPIUM untuk menutup Interview Kampungan ini Boss?? en makasih banyak sekali buat waktunya menjawab pertanyaan2 Konyol ini he he he
SUPPORT THE MUSICKNESS !!!
pesan terakhir dari kita.
harus selalu semangat lah jangan nyerah kalo pengen sukses..
and PANCEG DINA GALUR MOAL INGKAH NAJAN AWAK LEBUR....
keep stay playing brutal music brad...
hehehe....



contact booking & management :
CHIMOT - 085720052456
join At :
opium_deathmetal_grind@yahoo.com
www.myspace.com/opiumgrind

0 Response to Interview With OPIUM ( Bandung )

Posting Komentar